Hijrahke Bisnis Online

Hijrah ke Bisnis Online seolah menjadi keharusan dimasa kekinian. Apapun jenis bisnis offline yang masih ada saat ini mengikuti tren masa kini beralih ke bisnis online.

Hijrah ke Bisnis Online

Maraknya bisnis offline yang mulai meredup di Indonesia terasa sejak tahun 2016. Banyak gerai toko-toko offline di pusat perbelanjaan sepi pengunjung atau bahkan tutup. Banyak kios beralih fungsi menjadi gudang atau stockist barang yang diperdagangkan secara online.

Beralihnya gaya belanja dari offline marak di dunia maya seiring dengan membaiknya kualitas koneksi internet dan semakin murahnya akses internet dengan munculnya beragam provider internet di tanah air.

Tutupnya dua geraiperitel handal Matahari Store di Jakarta, tutupnya seluruh gerai 7 eleven yang fenomenal serta tutupnya raksasa mainan Toys ‘R’ Us dan yang terakhir dengan tutupnya gerai Lotus dan Debenhams semakin menjadi bukti bahwa bisnis offline semakin tergulung bisnis online.

Namun kondisi perekonomian nasional masih tumbuh diatas 5 %, hal ini diyakini bahwa bukan berarti daya beli munurun, tetapi hijrah dari belanja offline ke belanja online.

Fenomena ini diperkuat dengan suksesnya pemain-pemain toko online seperrti Lazada, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Elevania, Blibli, Blanja, Jd.id, Shophee, Akulaku dan lain-lain dengan berbagai kemudahan dan ragam bisnis onlinenya.  Tak pelak lagi belanja online bukan hanya sekedar gaya tapi sudah menjadi kebutuhan.  Bagaimana dengan anda? (msholeh10@gmail.com)

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *