18th ASIAN GAMES : SPIRIT, SPORTIFITAS DAN SOLIDARITAS ASIA

18th ASIAN GAMES : SPIRIT, SPORTIFITAS DAN SOLIDARITAS ASIA

Oleh : M. Sholeh

Gaung Asian Games ke-18 hanya tinggal menghitung hari menuju 18 Agustus 2018. Pesta olah raga terbesar se Asia ini akan segera dihelat untuk kedua kalinya di Indonesia setelah 56 tahun yang lalu juga diselenggarakan di tempat yang sama.  Inilah ujian bagi Indonesia di era milenial ini apakah mampu menjadi tuan rumah yang baik atau tidak.  Tentunya sebagai warga bangsa Indonesia marilah kita dukung bersama Asian Games 2018 dengan suka cita dan mengedepankan Spirit, Sportif dan Solidarity Indonesia untuk Asia. 18thAsian Games : Spirit, Sportifitas dan Solidaritas Asia akan menjadi tema selama gelaran berlangsung sekaligus menjadi spirit bagi seluruh even dan pesertanya.

Logo 18th Asian Games 2018

Jika 56 tahun yang lalu Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 dengan baik, maka di tahun 2018 ini Asian Games harus lebih baik lagi.  Sebagai tuan rumah inilah kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses.  Meskipun dilaksanakan pada waktu yang relatif berdekatan dengan perhelatan akbar dunia lainnya yaitu Piala Dunia 2018 di Rusia yang tentunya menyedot perhatian yang sangat besar mengingat sepak bola merupakan olah raga paling populer di dunia, tetapi tanpa mengurangi semangat Asian Games 2018, Energy of Asia ! akan menjadi pembuktian kiprah Indonesia dalam kancah Olah Raga di tingkat Asia.

Tantangan  dan Multi Even

Dengan berbagai persiapan dan koordinasi yang panjang, pemerintah telah berusaha keras agar Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan mulai 18-8-2018 dapat berjalan lancar dan sukses, apalagi kali ini akan diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang.  Selain waktu yang berdekatan dengan penyelenggaraan Piala Dunia 2018, konsentrasi pemerintah juga tengah menghadapi Pilkada serentak 2018 dan rencana pertemuan IMF di Bali bulan Oktober 2018 bahkan memasuki persiapan Pileg, Pilpres 2019 yang tentunya juga akan menguras energi yang tidak sedikit.  Namun dengan semangat yang tinggi Indonesia bertekad untuk menjadi tuan rumah dari berbagai kegiatan tingkat asia dan dunia dengan sepenuh hati.  Kegiatan Asian Games kali ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Proklamasi Republik Indonesia yang ke-73 yang semakin memacu semangat bangsa Indonesia untuk memberikan kado terindah bagi negri ini yang akan berulang tahun yang ke-73. Inilah tantangan multi even yang akan diselenggarakan di Indonesia di tahun 2018.

Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita merasa bangga akan kepercayaan dunis kepada Indonesia yang dipercaya menyelenggarakan multi even yang sangat beragam ditengah tahun politik yang mulai memanas.  Oleh karena itu marilah kita dukung bersama Asian Games 2018 dengan suka cita dan semangat, sportifitas dan solidaritas Indonesia untuk Asia. Semangat ini digaungkan dari tingkat daerah, regional hingga nasional.  Dukung bersama Asian Games 2018 melalui daerahku menjadi semangat mengobarkan semangat Asian Games dari daerah sampai nasional dan Asia.  Even olah raga dapat mempersatukan bangsa-bangsa di Asia yang merupakan mayoritas penduduk dunia. Kita tunjukkan Indonesia adalah Negara yang besar yang mampu menjadi tuan rumah yang baik dengan dukungan yang tak henti-hentinya dari berbagai sektor, hal inilah yang saat ini tengah dipersiapkan oleh INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) sebagai panitia penyelenggara Asian Games kali ini.

Menjadi juara bukan sekedar tujuan belaka, tetapi makna solidaritas bangsa-bangsa asia yang saat ini masih banyak terjadi ketimpangan ekonomi dan sosial, kesenjangan, keterbelakangan, intoleransi, bahkan konflik berkepanjangan di beberapa negara asia seperti yang terjadi di Palestina, Israel, Suriah, Yaman, Myanmar dan beberapa negara lainnya.  Even olah raga aakan mempersatukan perbedaan diantara bangsa-bangsa asia yang akan menjadi peserta Asian Games 2018.  Berlomba menjadi juara adalah semangat dan spirit tapi tanpa melupakan makna solidaritas dan toleransi warga asia dan dunia yang cinta damai dan persahabatan.

Dukung Bersama Asian Games 2018 dari Daerahku

            Untuk mendukung pelaksanaan Asian Games kali ini tak hanya menjadi tugas panitia INASGOC ataupun pemerintah, tetapi sebagai individu masyarakat terpanggil untuk melakukan gerakan dukung bersama Asian Games 2018 dari daerahku.  Ini adalah bentuk dukungan moril partisipatif ataupun berperan aktif sebagai relawan atau voulenteer yang dikoordinasi oleh panitia.  Sekecil apapun peran masyarakat akan menjadi dukungan yang sangat berarti.  Menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan selama penyelenggaraan Asian Games juga merupakan peran partisipatif masyarakat yang diharapkan. Terlebih di era milenial yang serba online dan dukungan teknologi informasi yang sudah modern dapat dilakukan untuk menggalang dukungan.

Dalam hal perkembangan teknologi informasi yang serba online, berita ataupun perkembangan kegiatan pasti akan sangat cepat tersebar melalui media cetak, media online ataupun sosial media.  Sebagai tuan rumah hendaknya kita juga harus dapat memanfaatkan media-media tersebut untuk kemaslahatan penyelenggaraan Asian Games mendatang.  Tak dipungkiri sebagai pengguna media sosial terbesar ketiga di dunia telah menempatkan warganet Indonesia sebagai netizen tercerewet di dunia, apapun bisa menjadi viral dalam sekejap di Indonesia menjadi mendunia.  Dukungan bukan hanya sorak sorai atau hingar bingar perayaan jika atletnya menang atau juara.  Tetapi menjaga sopan santun, keramahan dan etika dengan seluruh peserta, penyelenggara dan sesama termasuk di media online, sosial media dan mass media lainnya adalah dukungan moril yang tak terhingga nilainya. Semangat juga disampaikan melalui official song Asian games berjudul “Meraih Bintang” yang dinyanyikan oleh Via Valen.

Predikat netizen tercerewet jika diambil nilai positifnya dapat digunakan sebagai dukungan promosi even Asian Games 2018 ini baik sebelum dan selama berlangsungnya gelaran olah raga terbesar se Asia tersebut.  Demikian juga dukungan komunitas-komunitas formal maupun informal di masyarakat dapat menambah promosi yang positif, misalnya dukungan komunitas musisi-musisi dalam membuat official theme song Asian Games 2018 dalam lagu Bright as The Sun seperti ini.

Promosi lain yang harus dimanfaatkan Indonesia sebagai tuan rumah adalah promosi wisata yang sangat banyak dan beragam, iklim investasi yang prospektif dan kemitraan bisnis melalui atlet dan oficialnya serta awak media yang menyertai tentunya. Tunjukkan bahwa Indonesia aman, nyaman dan amazing, meskipun beberapa waktu lalu terjadi terror, tetapi dengan semangat toleransi dan kemanusiaan semua bisa diatasi secara tuntas.

Semoga Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang ini akan menjadi gelaran olah raga akbar se Asia yang sukses menjadikan Indonesia sebagai juara, baik juara olah raga, juara tuan rumah maupun even Asian Games yang akan menjadi kenangan manis dalam sejarah Indonesia, Asia dan Dunia.  Semoga ! (msholeh10@gmail.com).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *